UMN Knowledge Center

Implementasi template matching pada aplikasi pengidentifikasi jenis retak jalan berbasis android

Indra, Bayu (2014) Implementasi template matching pada aplikasi pengidentifikasi jenis retak jalan berbasis android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan metode template matching dengan rumus Sums of Absolute Difference (SAD) dalam mendeteksi jenis retak pada jalan beraspal. Data template menggunakan 60 gambar retak jalan yang terdiri dari 20 retak kulit buaya, 20 retak susut, dan 20 retak selip. Kemudian dilakukan uji coba terhadap 10 gambar testing yang memiliki variasi bentuk retak masing-masing. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 8 dari 10 gambar testing ditebak benar oleh aplikasi berdasarkan nilai rata-rata SAD per jenis retak. Maka dapat disimpulkan bahwa metode template matching dengan rumus SAD layak digunakan dalam mendeteksi jenis retak pada jalan beraspal dan memiliki akurasi ketepatan deteksi jenis retak sebesar 80% dengan syarat lebar retak harus lebih dari 1 cm.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE279 Streets
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 02 Aug 2017 03:56
Last Modified: 05 Oct 2017 01:50
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item