UMN Knowledge Center

Pengembangan aplikasi 3d sculpting berbasis hand gesture recognition dengan creative interactive gesture camera

Yaputro, Ericko (2014) Pengembangan aplikasi 3d sculpting berbasis hand gesture recognition dengan creative interactive gesture camera. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (937kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (818kB) | Preview

Abstract

3D sculpting adalah salah satu cara dalam membangun sebuah obyek tiga dimensi secara virtual. Mouse dan keyboard adalah input device utama yang umumnya dipakai untuk melakukan pekerjaan 3D sculpting. Kedua input device tersebut hanya dapat dioperasikan dengan baik oleh orang-orang yang sudah cukup terbiasa dalam melakukan pekerjaan dengan komputer. Sebuah perangkat input motion sensing dapat diimplementasikan untuk mempercepat orang-orang dalam melakukan pengoperasian komputer dalam melakukan pekerjaan 3D sculpting,. Perangkat input motion sensing tersebut adalah Creative Interactive Gesture Camera, yang dapat membaca gerak-isyarat tangan (hand gesture recognition) sebagai media untuk interaksi manusia dan komputer. Aplikasi 3D sculpting dibangun sendiri oleh penulis menggunakan game engine Unity dan dikembangkan untuk menerima input dari perangkat Creative Interactive Gesture Camera. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan gerak-isyarat tangan belum dapat mempercepat pekerjaan 3D sculpting dibandingkan dengan penggunaan mouse dan keyboard. Akan tetapi, mayoritas responden berkeinginan untuk menggunakan gerak-isyarat tangan untuk melakukan interaksi dengan komputer di masa depan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 31 Jul 2017 05:59
Last Modified: 05 Oct 2017 02:14
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item