UMN Knowledge Center

Rancang bangun tes adaptif terkomputerisasi menggunakan pemodelan item response theory

Amastini, Fitria (2015) Rancang bangun tes adaptif terkomputerisasi menggunakan pemodelan item response theory. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

dirancang dengan urutan tetap, sehingga setiap peserta akan mendapatkan butir soal dengan urutan yang sama. Rancangan tes tersebut dapat menyebabkan tindak kecurangan dan pengukuran yang kurang memadai untuk tingkat kemampuan peserta yang beragam. Tes adaptif adalah gagasan yang mengatasi kelemahan tersebut, dimana penyajian butir soal akan disesuaikan dengan tingkat kemampuan yang diestimasi. Tes adaptif yang dibangun menggunakan pemodelan teori respon butir dua parameter dan diatur oleh suatu indikator materi. Perhitungan estimasi tingkat kemampuan pada sistem tes adaptif menggunakan metode fixed step-size dan maximum likelihood. Metode pemilihan butir soal yang dipakai adalah randomesque maximum information untuk memberikan butir soal yang memiliki informasi maksimum untuk tingkat kemampuan yang diestimasi dan juga mengontrol frekuensi kemunculan butir soal. Sebelum melakukan uji coba tes adaptif, butir-butir soal dikalibrasi untuk mendapatkan nilai parameter yang dibutuhkan melalui uji coba awal. Setelah persiapan bank soal selesai dilakukan, tes adaptif diuji coba melalui web kepada mahasiswa program studi Teknik Informatika UMN. Hasil tes adaptif menunjukkan bahwa pemodelan teori respon butir dua parameter memberikan butir soal yang memiliki rata-rata nilai daya beda yang cukup tinggi. Pada beberapa kasus, daya beda tinggi menyebabkan nilai tingkat kesukaran yang diturunkan kepada peserta yang menjawab benar ataupun dinaikkan kepada peserta yang menjawab salah. Berdasarkan hasil tes berjumlah 119 buah, butir soal yang dimunculkan berjumlah 72 butir soal dari 140 butir dengan menggunakan metode randomesque maximum information. Kata Kunci : Aplikasi Web, Dua Parameter, Maximum Likelihood Estimation, Randomesque Maximum Information, Teori Respon Butir, Tes Adaptif

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2366-2367.75 College examinations
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:52
Last Modified: 28 Jul 2017 07:52
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item View Item