UMN Knowledge Center

Implementasi algoritma minimax dan optimasi alpha-beta pada permainan catur

Timothy, Ronal Gorba (2014) Implementasi algoritma minimax dan optimasi alpha-beta pada permainan catur. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (920kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada permainan catur, jumlah seluruh kombinasi langkah yang mungkin terjadi sangat banyak. Sebagai contoh, ada sekitar 300 miliar kemungkinan kombinasi pembukaan pada permainan catur. Dengan adanya hal ini, maka muncul beberapa metode yang telah dioptimalkan untuk membantu menyelesaikan masalah dalam pencarian langkah-langkah yang begitu banyak pada permainan catur. Salah satu solusi yang bisa dilakukan di antaranya adalah dengan menggunakan algoritma minimax dengan optimasinya berupa algoritma Alpha-Beta. Skripsi ini akan membahas implementasi kecerdasan buatan yang dibuat dengan algoritma minimax dengan optimasi Alpha-Beta untuk menghasilkan keputusan yang efektif pada permainan catur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan algoritma minimax dengan optimasi Alpha-Beta dapat mempercepat waktu pencarian langkah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199-1570 Games and amusements
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology > T58.59 Algorithm
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:06
Last Modified: 05 Oct 2017 02:11
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item