REKAYASA PIRANTI LUNAK PENGELOLA INFORMASI PENYIMPANAN ALAT UJI TEROWONGAN ANGIN KECEPATAN RENDAH INDONESIA

Pane, Ivransa Zuhdi and Sapar, Sapar and Kooshartoyo, Meedy (2021) REKAYASA PIRANTI LUNAK PENGELOLA INFORMASI PENYIMPANAN ALAT UJI TEROWONGAN ANGIN KECEPATAN RENDAH INDONESIA. Prosiding SNAST 2021.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengelolaan informasi yang terkait dengan kegiatan penyimpanan alat uji di fasilitas uji Terowongan Angin Kecepatan Rendah Indonesia (TAKRI) selama ini masih dilakukan secara manual dan tradisional, yang berimbas pada terkendalanya sejumlah kegiatan dalam proses bisnis TAKRI. Aplikasi manajemen informasi penyimpanan alat uji TAKRI, sebagai bentuk pemanfaatan teknologi informasi, dikembangkan dengan tujuan utama untuk mendorong terciptanya pengelolaan aliran masuk dan keluar alat uji secara terkendali dan terpadu sehingga diharapkan mampu mengatasi kendala dalam proses bisnis TAKRI. Salah satu aspek yang selayaknya diutamakan dalam rancang bangun aplikasi semacam ini adalah keramahgunaan di sisi pengguna dalam bentuk visualisasi alat uji dan lokasi penyimpanannya. Konsiderasi aspek ini dalam proses pengembangan aplikasi secara bertahap melalui siklus prototyping, yang dimulai dengan analisis kebutuhan, perancangan, konstruksi dan evaluasi umpan balik secara teriterasi, diharapkan mendukung terbangunnya produk aplikasi yang mampu mendukung tata kelola penyimpanan alat uji yang efisien dan handal, sekaligus mendorong terbentuknya moralitas pelaksana proses bisnis untuk mematuhi prosedur yang berlaku dalam penyimpanan alat uji.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming
300 Social Sciences > 330 Economics > 333 Economics of Land and Energy
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:20
Last Modified: 14 Oct 2021 03:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18734

Actions (login required)

View Item View Item