Fethisism Pada Psiko Behavioral Cosplayer Di Indonesia

Frederick, Gideon Kamang (2014) Fethisism Pada Psiko Behavioral Cosplayer Di Indonesia. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 7 (1). ISSN 1979-0716

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam fenomena cosplaying, ditemukan fenomena psikobehavioral yang aneh. Dimana pengguna kostum memperlihatkan perubahan perilaku yang signifikan. Perubahan perilaku ini terkadang derajatnya bisa sangat kecil dan meya-kinkan, hingga yang besar dan terbawa ke kehidupan sehari-hari di luar aktifitas cosplaying. Perubahan ini disinyalir hanya sementara, sebagai bagian dari stage act. Namun, ternyata, perubahan psikobehavioral temporal ini dapat bermanfaat secara positif bagi cosplayer, yang sifatnya rehabilitatif, dan kuratif. Hal ini merupakan salah satu efek yang kebanyakan tidak disadari oleh cosplayer yang pada umumnya memiliki stigma sosial negatif di masyarakat, hingga fakta bahwa banyak cosplayer yang memiliki disfungsi sosial.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology (Incl. Individual, Evolutionary, Environmental and Sex Psychology)
300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 391 Costume and personal appearance
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:01
Last Modified: 02 Nov 2021 04:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18977

Actions (login required)

View Item View Item