MENGGERAKKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM ISU SOSIAL MELALUI MEDIA ONLINE

Perdana, Inco Hary and Bensa, Cheryl Pricilla (2018) MENGGERAKKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM ISU SOSIAL MELALUI MEDIA ONLINE. In: Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, social marketing menjadi sebuah strategi untuk mengatasi masalah sosial yang berkembang di masyarakat. Dengan penduduk lebih dari 261,9 juta orang, Indonesia mempunyai berbagai macam isu dan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hadirnya Internet membuat aktivitas social marketing kini tidak hanya dilakukan dengan cara konvensional namun juga dilakukan dalam bentuk online. Jika sebelumnya partisipasi masyarakat dilakukan dalam bentuk aktivitas dan kegiatan offline, maka saat ini bentuk partisipasi masyarakat juga dapat dilakukan secara online. Oleh karena sebab itulah maka penelitian ini dilakukan menggunakan studi kasus dengan menjadikan dua networked nonprofit sebagai objek penelitiannya, yaitu Akademi Berbagi (akademiberbagi.org) dan Garda Satwa Indonesia. Dengan menggunakan konsep Online Social Marketing, The Networked Nonprofit dan Public Participation akan dianalisis bagaimana objek penelitian dapat menjadi gambaran dan contoh bagi networked nonprofit lainnya dalam menyelenggarakan online social marketing untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam isu sosial melalui media online.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 300 Social sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:47
Last Modified: 19 Nov 2021 07:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19179

Actions (login required)

View Item View Item