Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Video Menggunakan Kamera Handhone Bagi Anggota GP Ansor Kabupaten Tangerang

Wahjuwibowo, Indiwan Seto (2019) Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Video Menggunakan Kamera Handhone Bagi Anggota GP Ansor Kabupaten Tangerang. In: Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR).

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai sebuah organisasi yang cukup besar Gerakan Pemuda (GP) Ansor merupakan ormas yang banyak melakukan kegiatan. Dan kegiatan ini perlu dipublikasikan ke tengah masyarakat. Tetapi seringkali kendalanya adalah organisasi itu tidak memiliki kemampuan sekaligus sumber daya yang memadai yang bisa mempublikasikan seluruh kegiatan organisasi secara cepat dan professional. GP Ansor banyak kegiatan khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang tapi miskin publikasi, Pubikasi kurang mengenai sasaran karena keterbatasan SDM yang mengetahui bagaimana melakukan publikasi yang efektif. Maka dari itu, kami dosen UMN beserta sejumlah mahasiswa memberi pelatihan dan pendampingan kepada peserta dari GP Ansor membbuat video praktis memanfaatkan aplikasi android Videoshow dan Canva yang mudah digunakan. Metode yang dilakukan adalah dengan mengajarkan langsung bagaimana mencari aplikasi android yag sesuai untuk kepentingan publikasi, kemudian mengajari bagaimana cara mengambil gambar dan video yang baik menggunakan handphone, kemudian mengajari peserta mengedit hasil karya mereka dengan memasukan ilustrasi, efek dan music yang sesuai agar karya mmereka menarik untuk dilihat orang banyak. Terakhir memberi pendampingan dan kiat mempublikasikan karya video mereka ke media social seperti facebook, Instagram dan Youtube. Hasil dari pendampingan ini para peserta bisa mengoperasikan kamera handphone mereka untuk merekam video dan melakukan editing dan bisa mempublikasikan karya mereka di Youtube atau Instagram mereka.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Nov 2021 10:33
Last Modified: 19 Nov 2021 10:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19187

Actions (login required)

View Item View Item