Transformasi Digital Media Cetak Di Indonesia: Studi Pada Industri Media Cetak Terferivikasi Administratif Dan Faktual 2017

Prihanto, Johny Natu (2018) Transformasi Digital Media Cetak Di Indonesia: Studi Pada Industri Media Cetak Terferivikasi Administratif Dan Faktual 2017. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 10 (1). ISSN 2549-404X

[img]
Preview
Text
Peer Review Jurnal Transformasi Digital Media Cetak di Indonesia Studi pada industri media cetak terverifikasi administrative dan factual.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Kehadiran tehnologi baru, internet dan digitalisasi, menjadi tantangan sekaligus peluang bagi industri media cetak di Indonesia. Menghadapi kecepatan penggunaan internet dan digitalisasi, industri media cetak di Indonesia menghadapi dua persoalan utama: di satu sisi terjadi penurunan drastis pendapatan dari sektor iklan, sirkulasi, dan keterbacaan (readership), sementara di sisi lain pendapatan dari web advertising (digital) belum mampu menggantikan hilangnya pendapatan di sektor cetak. Maka perlu ditetapkan strategi baru untuk membangun keterlibatan pelanggan yang unik dan khusus (niche). Karena bagi pengiklan, prioritasnya adalah mencari cara untuk berada lebih dekat dengan pelanggannya (audience). Hasil studi ini menunjukkan bahwa kapabilitas organisasi dalam melakukan rekonfigurasi sumberdaya memiliki peran dalam mempengaruhi kinerja kapabilitas pasar digital, kapabilitas kepemimpinan digital dan kapabilitas teknologi digital yang secara bersama berperan dalam mempengaruhi kinerja transformasi digital dalam membangun dan memperkuat keterlibatan pelanggan. Bagi teori manajemen strategik studi ini memberikan kontribusi bahwa variable-variabel yang diteliti dan diukur memiliki peran dalam menjawab disrupsi digital. Sedangkan dari aspek empirik studi ini membantu para manajer dalam menetapkan fokus pada faktor-faktor yang membangun transformasi digital berkelanjutan dan penetapan strategi dalam membangun dan mengembangkan keterlibatan pelanggan.

Item Type: Article
Keywords: dynamic capabilities, capability to reconfigure resources/assets, digital market capabilities, digital leadership capabilities, digital capabilities, sustainable digital transformation, engaging audience strategy.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Dec 2021 06:06
Last Modified: 11 Aug 2022 07:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19617

Actions (login required)

View Item View Item