PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENDUKUNG PELAPORAN PROSES LIFTING MINYAK (STUDI KASUS: PT. EMP MALACCA STRAIT S.A. Tbk)

Pratama, Rizki Adhi and Wiratama, Jansen and Rizky, Indrawan Saputra (2017) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENDUKUNG PELAPORAN PROSES LIFTING MINYAK (STUDI KASUS: PT. EMP MALACCA STRAIT S.A. Tbk). Telematika MKOM, 9 (2). ISSN 2527-9033

Full text not available from this repository.

Abstract

EMP (Energi Mega Persada) Malacca Strait S.A sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi minyak di Indonesia salah satu kontraktor kontrak kerja sama dengan BPMIGAS. EMP Malacca Strait S.A telah terlibat secara langsung dalam perdagangan minyak bumi dan menyediakan jasa manajemen dalam industri minyak bumi. Proses lifting membutuhkan ketepatan waktu dan fleksibilitas dalam memasukan data lifting minyak. EMP Malacca Strait menggunakan kapal tanker di Selat Malaka sebagai alat atau tempat penampungan minyak dan alat trasfer dan di lifting ke kapal tanker clien. Dalam proses lifting tersebut sering terjadi kesalahan atau ketidakpastian berapa minyak yang diambil, kalkulasi muatan, kapal apa dan kapan pihak client mengambil minyak tersebut dari kapal tanker EMP Malacca Strait. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan konsep sistem website mengenai sistem informasi pendukung pelaporan proses lifting minyak. Dalam sistem yang berjalan data masih diolah menggunakan Microsoft Excel untuk proses perhitungan dan mendapatkan jumlah variabel tertentu, sehingga laporan yang dihasilkan masih berupa kertas dalam jumlah yang banyak. Pada pelaporan lifting, penulis mencoba membuat Pengembangan Sistem Informasi Pendukung Pelaporan Proses Lifting Minyak Pada EMP Malacca Strait S.A berbasis web. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengembangan sistem berorientasi objek dengan alat perancangan Unified Modelling Language (UML) dan model pengembangan sistem strategi Rapid Application Development (RAD). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Hypertext Preprocessor (PHP) dan My Structure Query Language (MySQL) sebagai basis datanya. Sistem informasi pendukung pelaporan proses lifting minyak ini dapat meningkatkan tingkat akurasi informasi yang dibutuhkan pengguna dalam proses pelaporan data lifting minyak.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Dec 2021 08:33
Last Modified: 14 Dec 2021 08:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19647

Actions (login required)

View Item View Item