Yekti, Bharoto (2014) Studi Efektivitas Praktik Modeling Dalam Produksi Asset Animasi Stop Motion Menggunakan 3D Printing. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 7 (2). ISSN 1979-0716
Full text not available from this repository.Abstract
Teknologi 3D printing sudah mulai banyak digunakan di industri animasi terutama animasi stop motion. Penggunaan 3D printer untuk animasi stop motion paling banyak digunakan pada teknik replacement animation. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat aset animasi stop motion tidak terbatas pada jenis perangkat lunak untuk animasi 3 Dimensi (3D) saja, Teknik 3D digital sculpting juga dapat digunakan untuk membentuk 3D model yang kemudian bisa diproses menjadi aset untuk animasi stop motion dengan 3D printer. Penelitian ini membandingkan pembuatan model 3Dimensi yang menggunakan metode polygon modeling (memakai perangkat lunak Softimage) dengan pembuatan 3D model yang menggunakan metode digital sculpting (memakai perangkat lunak Zbrush). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan serta kelebihan metode poly modeling dan digital sculpting untuk membuat 3D model, dari proses modeling awal sampai ke tahap converting file perangkat lunak native menjadi file .stl yang siap diproses dengan 3D printer
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 04:56 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 04:56 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19698 |
Actions (login required)
View Item |