Implementasi Portal Pengenalan Budaya Indonesia iBudaya.id

Darmoyuwono, Winarno and Pramono, Rudy and Wella, Wella (2020) Implementasi Portal Pengenalan Budaya Indonesia iBudaya.id. In: Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), Tangerang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang diangkat pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah tingginya krisis budaya yang dialami oleh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda yang lebih suka budaya luar negeri dibandingkan budaya lokal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berusaha untuk mengubah persepsi old fashioned budaya lokal dengan cara menggabungkan budaya lokal dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sekarang ini sedang marak digunakan oleh masyarakat segala kalangan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membuat aplikasi berbasis web ibudaya.id dan kontennya didapat dari partisipasi masyarakat (crowdsourcing) karena membutuhkan bantuan masyarakat luar untuk mengisi kontennya. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa implementasi Portal iBudaya.id telah berhasil dilakukan. Hingga saat ini terdapat sekitar 200 user yang telah mendaftar, dan pada umumnya para user tersebut telah mengunggah konten-konten yang menarik. Seiring perjalanan waktu, dan didukung upaya-upaya promosi, diharapkan Portal iBudaya.id ini akan semakin populer dan dibutuhkan oleh masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bentuk portal website yang dapat dikunjungi, dan para pengunjung website juga dapat ikut berpartisipasi untuk mengunggah konten seperti video, fotografi, dan narasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:57
Last Modified: 17 Dec 2021 03:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19729

Actions (login required)

View Item View Item