UMN Knowledge Center

Pemanfaatan pr digital dalam menyosialisasikan program dan kebijakan publik pemerintah provinsi DKI Jakarta (analisis pengelolaan social media Jakarta smart city)

Tasia, Aniq (2016) Pemanfaatan pr digital dalam menyosialisasikan program dan kebijakan publik pemerintah provinsi DKI Jakarta (analisis pengelolaan social media Jakarta smart city). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi serta meningkatnya kebutuhan akan informasi yang dapat diakses secara mobile dan respon cepat telah menuntut humas pada instansi pemerintahan untuk bertransformasi ke digital. Pemanfaatan social media dilakukan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat mengenai program dan kebijakan pemerintah, sehingga menciptakan pemahaman masyarakat akan program-program yang sedang maupun yang akan dilaksanakan. Untuk mengetahui hal ini secara mendalam, penelitian ini menggunakan model strategi social media yang ditulis oleh Deidre Breakenridge yang dimulai dari fase riset sampai fase pengukuran. Penelitian ini juga menggunakan metode studi kasus dan mendapatkan data dari hasil wawancara mendalam kepada pihak Diskominfomas dan Unit Pengelola Jakarta Smart City. Hasil analisis pengelolaan sosial media yang dilakukan oleh Jakarta Smart City menunjukkan Jakarta Smart City telah melakukan kegiatan social media berdasarkan konsep yang peneliti gunakan. Penggunaan social media yang dilakukan oleh Jakarta Smart City telah membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyosialisasikan program dan kebijakan publik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan social media milik Jakarta Smart City dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki kekuatan pada proses penciptaan konten. Walau belum dilaksanakan secara maksimal, kegiatan pengelolaan social media yang dilakukan oleh Jakarta Smart City telah sesuai dengan rangkaian strategi social media dan sesuai dengan tujuan awal dilakukannya pemanfaatan social media.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.5 Media Marketing
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 08 Jun 2017 03:26
Last Modified: 28 Sep 2017 04:41
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item