UMN Knowledge Center

Penggambaran watak melalui gerak tubuh tokoh dalam animasi singkat dagulan

Rusli, Inez Agustina (2015) Penggambaran watak melalui gerak tubuh tokoh dalam animasi singkat dagulan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview

Abstract

Dalam animasi, pergerakan tokoh dipengaruhi oleh watak tokoh. Bagaimana cara tokoh tersebut berjalan, menggerakkan tangan, semua dipengaruhi oleh watak tokoh tersebut. Hal ini sangat berpengaruh dalam pembuatan animasinya. Pergerakan dan watak dapat dilihat hubungannya dari bahasa tubuh (body language). Bahasa tubuh tidak hanya terlihat dari gerakan fisik, tetapi juga dari ekspresi muka dan postur tubuh. Emosi juga ditunjukkan dari bahasa tubuh ini. Bahasa tubuh yang ditunjukkan oleh tokoh harus dapat dimengerti oleh penonton saat dianimasikan. Topik ini dipilih oleh penulis karena penulis ingin menggali lebih dalam mengenai hubungan watak dengan pergerakan tokoh di dalam animasi, terutama dalam stop-motion. Apakah pergerakan tokoh dapat dimengerti sehingga audiens dapat mengetahui watak dari tokoh tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut penulis mengkaji dari sumber-sumber pustaka, mempelajari film-film, dan juga melakukan eksperimen dengan menggunakan puppet yang dibuat oleh penulis sendiri. Dari membuat video referensi sendiri hingga menggerakkan puppet dilakukan sehingga penulis dapat mengetahui bagaimana gerakan tokoh dalam stop-motion dapat menunjukkan watak tokoh tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration > NC996 Animation
N Fine Arts > NX Arts in general > NX650-694 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:54
Last Modified: 23 Aug 2017 04:54
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item View Item