UMN Knowledge Center

Perancangan kampanye sosial pencegahan diabetes mellitus

Anugrah, Ridho (2014) Perancangan kampanye sosial pencegahan diabetes mellitus. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (973kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (803kB) | Preview

Abstract

Pola hidup merupakan salah satu faktor penting penentu terjadinya penyakit diabetes mellitus. Pola hidup yang tidak baik seperti pengaturan makanan yang tidak sesuai anjuran dan olahraga yang kurang merupakan faktor yang sangat berpengaruh pada jenis penyakit ini. Penelitian pada perancangan ini terinspirasi dari permasalahan meningkatnya laju penderita diabetes mellitus akibat tidak adanya pencegahan diabetes mellitus melalui kesadaran perubahan pola hidup. Oleh karena itu kampanye sosial dirasa tepat untuk melakukan ajakan perubahan untuk mencegah diabetes mellitus melalui perubahan pola makan dan aktifitas fisik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perancangan kampanye sosial yang dapat mengubah pola makan serta aktifitas fisik dalam upaya mencegah diabetes mellitus? Sedangkan tujuan dari kampanye sosial ini adalah mengubah pola makan dan aktifitas fisik untuk mencegah diabetes mellitus. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan fokus grup, wawancara dilakukan kepada dokter ahli penyakit dalam yaitu dr Ryan Rakitya, Sp.PD.KKV dan Sri Rianti selaku ahli gizi RS Harapan Kita. Data fokus grup yang dilakukan pada 7 orang target, target merupakan beberapa orang yang mempunyai riwayat keluarga diabetes. Dari data fokus grup responden mengakui bahwa mereka tidak tahu secara jelas apa itu diabetes mellitus, mengapa bisa terjadi, dan bagaimana cara mencegahnya, sebagian besar responden sangat tertarik dan mempunyai keinginan tahuan yang lebih terhadap pencegahan diabetes mellitus. Dengan kampanye ini, target audiens dapat mengetahui cara pencegahan diabetes mellitus melalui perubahan pola makan dan aktifitas fisik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration > NC1800-1850 Posters
R Medicine
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:05
Last Modified: 14 Aug 2017 06:05
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item