Perancangan visual kampanye pentingnya antisipasi diri sebelum berkendara bagi sopir truk di jalan tol

Pottanobu, Febrian (2015) Perancangan visual kampanye pentingnya antisipasi diri sebelum berkendara bagi sopir truk di jalan tol. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (753kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (66MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (96MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (676kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17MB)

Abstract

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia menduduki peringkat ke-3 sebagai faktor pembunuh terbanyak. Adapun penyebab kecelakaan terbanyak disebabkan oleh sopir truk yang kurang antisipasi sebelum berkendara. Padahal, sebelum berkendara kondisi pengemudi harus dalam keadaan yang fit, dalam artian siap untuk berkendara. Kurang antisipasi tersebut disebabkan karena begadang, kelelahan, dan kurangnya nutrisi. Maka dari itu penulis merancang visual kampanye dengan tujuan mengurangi tingkat kecelakaan di jalan tol serta menambahkan kepedulian sopir untuk mengantisipasi dirinya sendiri sebelum berkendara. Penulis menggunakan metode pengumpulan data secara primer, yaitu observasi dan wawancara dan sekunder dengan studi literatur, dokumentasi, dan pencarian data di internet. Visual kampanye yang penulis rancang terdiri atas 3 buah poster yang masing – masing dikembangkan lagi menurut media aplikasi yang ada dengan menggunakan bahasa pantun sebagai isi konten dan vernakular sebagai gaya gambar. Adapun media aplikasi tersebut terdiri dari Above The Line, Below The Line, dan Through The Line yang berupa spanduk, billboard, poster A3, poster A4, flyer, t-shirt, topi, stiker, body truk, pernak – pernik dashboard truk, meja dan kursi tempat makan, toilet, kartu tol, dan sosial media.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 388 Transportation (Road, Vehicle, Parking Facilities)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 Aug 2017 09:39
Last Modified: 05 May 2023 01:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item View Item