UMN Knowledge Center

Perancangan kampanye sosial penggalangan donasi buku untuk mendukung minat baca anak

Perdana, Debora Putri (2015) Perancangan kampanye sosial penggalangan donasi buku untuk mendukung minat baca anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (884kB) | Preview

Abstract

Buku merupakan sebuah jendela ilmu yang diperlukan oleh anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Dengan membaca buku, anak-anak menambah pengetahuan dan imajinasinya. 1001buku merupakan sebuah organisasi nirlaba yang memiliki jaringan ke taman baca di seluruh Indonesia. Dengan adanya 1001buku dan taman baca membantu ketersediaan buku bagi anak-anak di Indonesia. Akan tetapi sejak tahun 2012, sumbangan buku melalui 1001buku mengalami penurunan sementara pertumbuhan taman baca terus meningkat. Oleh karena itu, penulis membuat tugas akhir berupa perancangan kampanye sosial penggalangan donasi buku melalui 1001buku untuk mendukung minat baca anak. Penelitian yang dilakukan menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif yang dilakukan berupa wawancara dan observasi, sedangkan metode kuantitatif yang dilakukan berupa penyebaran kuesioner. Konsep kreatif dalam merancang kampanye sosial ini adalah untuk menyadarkan orang tua yang memiliki buku anak yang sudah tidak digunakan untuk menyumbangkan bukunya kepada 1001buku dengan menggunakan visual ilustrasi dan fotografi. Pesan yang disampaikan adalah agar audiens mendonasikan buku anak yang sudah tidak terpakai kepada 1001buku dan menjadikan buku tersebut lebih berarti. Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan kampanye sosial ini adalah poster, flyer dan gift untuk donatur yang sudah menyumbangkan buku kepada 1001buku.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:20
Last Modified: 24 Aug 2017 07:20
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2272

Actions (login required)

View Item View Item