Perancangan visual kampanye sosial membawa kantong plastik dari rumah

Dellavie, Bibiana (2015) Perancangan visual kampanye sosial membawa kantong plastik dari rumah. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (837kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sampah plastik merupakan salah satu penyebab pencemaran lingkungan yang memiliki dampak langsung pada pemanasan global karena sifatnya yang tidak dapat didegradasi dan hanya dapat menjadi sampah. Plastik dinilai praktis dan banyak digunakan pada proses berbelanja di supermarket. Masalah ini terus berkelanjutan dikarenakan rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat akan dampak negatif kantong plastik. Oleh karenanya, diperlukan sebuah kampanye sosial yang diharapkan dapat mengubah pola perilaku masyarakat. Wawancara terhadap pihak terkait, studi literatur, serta observasi terhadap target audien dilakukan sebagai metode pengumpulan data untuk dapat merancang kampanye sosial yang efektif. Melalui kampanye ini, masyarakat diberikan edukasi bahaya sampah plastik, dan diajak untuk mengurangi penggunaannya. Fear appeal dan disonansi kognitif merupakan metode yang diterapkan dalam kampanye ini, yakni dengan memberikan informasi sekaligus ajakan bagi masyarakat. Media yang digunakan dalam kampanye sebagian besar merupakan media ambien seperti kantong plastik sebagai media utama, trolley, brosur supermarket, dan struk belanja. Selebihnya penulis menggunakan media hanging banner, wobbler, serta media viral seperti WhatsApp, Blackberry Messanger, Facebook, dan Twitter.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 350 Public administration and military science > 353 Specific Public Administration (Incl. Social Welfare, Health Services; Safety, Mitigation, Waste Control; Public Justice, Corruption)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:24
Last Modified: 31 Jan 2023 07:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2308

Actions (login required)

View Item View Item