UMN Knowledge Center

Perancangan Kampanye Sosial Penjual Makanan Untuk Membuat Jajanan Yang Aman

Afifah, Fatiya Nur (2014) Perancangan Kampanye Sosial Penjual Makanan Untuk Membuat Jajanan Yang Aman. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (60MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Beredarnya jajanan di sekolah ternyata berpotensi bahaya secara tidak langsung dan tidak terlihat karena sulit dideteksi seperti bahan tambahan pangan yang digunakan dalam pembuatan makanan. Hasil temuan BPOM mengenai PJAS di sekolah menunjukkan bahwa hampir 50% bahan makanan yang digunakan di sekolah dasar di Jakarta berbahaya terutama zat pewarna. Berdasarkan uraian tersebut, diketahui ternyata Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) sangat mengkhawatirkan dan perlu tindakan penyelesaian lebih lanjut. Tugas akhir ini merancang pembuatan kampanye sosial untuk penjual jajanan agar memperhatikan dan menggunakan bahan-bahan tambahan makanan yang aman dalam membuat makanan sehat bergizi bagi para konsumen. Pembuatan kampanye sosial ini berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Teknik kampanye yang digunakan adalah teknik kampanye Ostergaard dengan mengidentifikasi masalah faktual yang berhubungan dengan sikap, perilaku, dan pengetahuan dari pedagang dan teknik persuasi yang dipakai adalah pay off idea yakni cara persuasi yang memberi harapan yang baik. Strategi media dilakukan dan dipilih dengan tepat agar sasaran target dan target kampanye bisa tergerak dan memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu hanya dengan melihat media yang dipakai. Media utama yang dipakai adalah stiker, brosur dan poster sebagai sosialisasi kepada konsumen dan media pendukungnya adalah topi, kaos, dan handuk.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:22
Last Modified: 29 Aug 2017 04:22
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2452

Actions (login required)

View Item View Item