UMN Knowledge Center

Perancangan Media Promosi Museum Batik Pekalongan

Xaviera, Fiona (2014) Perancangan Media Promosi Museum Batik Pekalongan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (45MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (59MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Museum Batik Pekalongan adalah salah satu museum batik yang ada di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2006. Museum ini sudah berdiri selama delapan tahun, namun masih kurang dikenal oleh masyarakat di luar Jawa Tengah ataupun wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan. Kurangnya media promosi visual menjadi alasan kurang populernya museum ini dibanding obyek wisata lain di kota Pekalongan. Pencarian data untuk penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada pihak museum, observasi terhadap museum lain, penyebaran kuesioner kepada target yaitu wisatawan dan pengunjung museum. Dari hasil penelitian, penulis membuat solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan perancangan media promosi untuk Museum Batik Pekalongan. Teknik visual dan strategi komunikasi yang digunakan lebih simple, disesuaikan dengan target audiens dari kalangan menengah sampai menengah ke atas. Strategi media dan penyebaran media juga disesuaikan dengan target audiens yang merupakan wisatawan, oleh karena itu media utama dipasang di kota Pekalongan sendiri. Diharapkan media promosi yang dibuat dapat menginformasikan dan mempromosikan keberadaan museum kepada target sehingga Museum Batik Pekalongan bisa menjadi obyek wisata andalan di kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts > N400-3990 Art museums, galleries, etc.
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:43
Last Modified: 29 Aug 2017 04:43
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item