UMN Knowledge Center

perubahan pola konsumsi khalayak dalam pemberitaan kompas: studi kasus pada forum pembaca kompas (fpk)

Andriani, Dea (2017) perubahan pola konsumsi khalayak dalam pemberitaan kompas: studi kasus pada forum pembaca kompas (fpk). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (844kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (663kB) | Preview

Abstract

Beragam survei menyatakan media cetak masih menjadi pilihan khalayak di era digital. Untuk itu penelitian ini mencari bagaimana perubahan pola khalayak dalam mengonsumsi pemberitaan platform cetak dan digital. Dalam hal ini Kompas memiliki beragam platform media dan sedang melakukan digitalisasi. Penelitian ini berupa studi kasus pada khalayak Kompas yang tergabung ke dalam Forum Pembaca Kompas (FPK) kawasan Jakarta. Dengan menggunakan teori uses and gratifications, terlihat bagaimana khalayak mencari kepuasan informasi (gratification sought/GS) serta platform media apa yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut (gratification obtained/GO). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada empat key informan yang termasuk ke dalam generasi X. Penelitian ini membuktikan bahwa perubahan pola konsumsi pada FPK Jakarta terjadi, karena penyajian informasi versi Kompas digital belum sesuai dengan kebutuhan khalayak yang terbiasa dengan media cetak. Meskipun begitu perbaikan untuk mempermudah akses Kompas digital dapat meningkatkan jumlah khalayaknya, sehingga perubahan pola konsumsi terlihat jelas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.7 Framing Analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 11 Oct 2017 01:41
Last Modified: 11 Oct 2017 01:41
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item