UMN Knowledge Center

Rancang bangun aplikasi peramalan penjualan furnitur dengan metode arima (studi kasus : pt. vocus paneltama industri)

Shidqi, Mohammad Lisan (2015) Rancang bangun aplikasi peramalan penjualan furnitur dengan metode arima (studi kasus : pt. vocus paneltama industri). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (762kB) | Preview

Abstract

Model Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) adalah model yang secara penuh mengabaikan independen variabel dalam membuat peramalan. ARIMA menggunakan nilai masa lalu dan sekarang dari variabel dependen untuk menghasilkan peramalan jangka pendek yang akurat. ARIMA cocok jika observasi dari deret waktu (time series) secara statistik berhubungan satu sama lain (dependent). ARIMA hanya berkenaan dengan data time series yang stasioner. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi peramalan penjualan dengan metode ARIMA untuk meramalkan penjualan periode selanjutnya pada PT Vocus Paneltama Industri. Berdasarkan uji coba dengan menggunakan data penjualan bulanan produk furnitur PT Vocus Paneltama Industri menunjukan model yang tepat untuk meramalkan produk HD 75 adalah Autoregressive(2) dengan MSE : 399,6, model yang tepat untuk meramalkan produk OD 1275 adalah Autoregressive(2) dengan MSE : 230,008, dan model yang tepat untuk meramalkan produk SD 1260P adalah Autoregressive(1) dengan MSE : 141,309. Adapun pengujian stasioneritas data time series yang digunakan pada penelitian ini menggunakan grafik dan korelogram yang masih melibatkan subjektivitas penguji.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 11 Oct 2017 02:42
Last Modified: 11 Oct 2017 02:42
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item