Pengelolaan kesan dalam public relations politik kandidat di pilakda DKI: studi pada pasangan Anies-Sandi

Wicaksono, Billy Tri (2017) Pengelolaan kesan dalam public relations politik kandidat di pilakda DKI: studi pada pasangan Anies-Sandi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BILLY TRI W (readonly).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan kesan dikembangkan oleh Erving Goffman pada tahun 1956. Menurut Goffman (1956, h. 8) impresi atau kesan yang individu perlihatkan untuk pertama kali di depan orang lain akan sangat menentukan bagaimana kualitas hubungan orang lain dengan dirinya, karena ketika seseorang individu mempersiapkan dirinya untuk terlihat bagi orang lain, individu tersebut sudah pasti memiliki banyak motif untuk mencoba mengendalikan kesan bagi mereka para penerima atau audiens. Perspektif yang digunakan dalam penelitian ini adalah perspektif pertunjukan teater, dimana prinsip – prinsipnya bersifat dramaturgis. Bagaimana pasangan Anies-Sandi menampilkan dirinya dan aktivitasnya kepada orang lain, serta memandu dan mengendalikan kesan yang dibentuk orang lain terhadapnya dan segala hal yang mungkin atau tidak mungkin Anies-Sandi lakukan untuk menopang pertujukan sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017. Dengan metode studi kasus, peneliti akan melihat bagaimana panggung pasangan Anies-Sandi dalam kontestasi Pilkada DKI 2017 serta teori performa komunikatif, menjadi indikator yang membantu menganalisis pendekatan public relations politik yang digunakan oleh Anies-Sandi. Dengan pendekatan kualitatif, peneliti melakukan observasi partisipan, studi dokumen dan wawancara dengan narasumber terkait (Anies-Sandi, juru bicara, tim sosialisasi kampanye, dan pakar Komunikasi Politik terkait teori Dramaturgi). Hasilnya mengatakan bahwa penelitian ini dapat menganalisis 8 (delapan) pendekatan public relation politik pasangan Anies-Sandi. Narasi sebagai pemimpin yang mempersatukan dan mengajak warganya untuk berpartisipasi terlihat di slogan “Maju Kotanya, Bahagia Warganya.” Dalam bingkai dramaturgi, kelemahan penelitian ini ialah tidak mempunyai akses ke panggung belakang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Dramaturgi, Perfroma Komunikatif, Pendekatan Public Relations Politik, Pilkada DKI 2017
Subjects: 300 Social Sciences > 320 Political science > 324 Political Process (Incl. Election Systems and Procedures, Votings)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Oct 2017 06:39
Last Modified: 20 Jan 2022 04:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item