UMN Knowledge Center

strategi viral marketing produk chitato indomie di instagram dalam membangun brand awareness

Varian, Christopher (2017) strategi viral marketing produk chitato indomie di instagram dalam membangun brand awareness. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
CHRISTOPHER VARIAN- 13140110300 READ ONLY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan dunia digital komunikasi yang berasal dari bertambahnya jumlah pengguna internet di Indonesia menyebabkan persaingan pasar semakin mengetat. Dengan kondisi seperti itu, tentunya berbagai perusahaan yang ingin meluncurkan produk baru perlu melakukan sebuah perencanaan. Perencanaan itu meliputi sebuah strategi yang dapat membuat produk itu menjadi lebih cepat dikenal dan memiliki tingkat kesadaran merek (brand awareness) yang tinggi. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah strategi viral marketing. Strategi viral marketing ini telah dilakukan oleh Chitato Indomie setahun yang lalu yang dinaungi oleh branding agency Red Communication. Dengan tujuan untuk menggambarkan strategi viral marketing produk Chitato Indomie dalam membangun brand awarenessnya, peneliti bermaksud untuk menganalisa bagaimana proses viral itu dapat terjadi melalui pesan-pesan yang disampaikan kepada masyarakat dengan strategi yang disusun menggunakan beberapa tahapan. Tahapan itu adalah riset, perencanaan, eksekusi, pengukuran dan pelaporan. Penggambaran serta analisa strategi viral marketing ini dapat memberikan kontribusi bagi industri lain tentang bagaimana caranya memperkenalkan produk lewat strategi viral marketing. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan melihat bagaimana strategi viral marketing tersebut dijalankan dengan gambaran yang jelas dan eksplorasi tahapan-tahapan viral marketing Chitato Indomie sebagai suatu kasus penelitian dan objek yang menarik untuk diteliti. Untuk menggambarkan hal tersebut peneliti melibatkan tiga orang narasumber yang kompeten untuk menjabarkan strategi perusahaan tersebut. Dari sana ditemukan sebuah hasil bahwa brand yang sudah menjadi top of mind, tidak begitu sulit dalam menjalankan strategi. Oleh karena itu, alat yang digunakan oleh Chitato Indomie adalah media sosial instagram dengan pendekatan word of mouth marketing yang hanya menggunakan buzzer sebagai media penyampaian pesan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.4 Marketing Public Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 Oct 2017 05:48
Last Modified: 23 Oct 2017 05:48
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item