UMN Knowledge Center

pengaruh place branding terhadap place image edukatif lawang sewu setelah direnovasi (survei pada penduduk kota semarang)

Gunawan, OH Juliana (2017) pengaruh place branding terhadap place image edukatif lawang sewu setelah direnovasi (survei pada penduduk kota semarang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
13140110380 - Oh Juliana Gunawan - READ ONLY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan bangunan bersejarah yang menjadi objek penelitian. Bangunan yang terkenal dengan image angker tersebut direnovasi untuk pelestarian bangunan bersejarah serta dialih fungsikan sebagai objek wisata sejarah yang edukatif untuk menghilangkan image angker tersebut. Mengubah image suatu tempat ini dilakukan dengan menerapkan kegiatan place branding. Teori yang digunakan adalah Teori City Branding Hexagon yang terdiri dari Presence, Place, People, Potential, Pulse dan Pre-requisites. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan metode survei untuk pengumpulan data. Survei disebarkan kepada 400 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu Penduduk Kota Semarang yang pernah berkunjung ke Lawang Sewu setelah direnovasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh place branding terhadap place image Lawang Sewu setelah direnovasi sebesar 66,2%, sedangkan 33,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dimensi pre-requisites menjadi dimensi yang memberikan pengaruh paling mantap terhadap variabel place image yaitu sebesar 52,6%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: place branding, place image, Teori City Branding Hexagon, Lawang Sewu
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.3 Event Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:51
Last Modified: 30 Oct 2017 03:51
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2724

Actions (login required)

View Item View Item