UMN Knowledge Center

Budaya partisipatif: suatu bentuk literasi media baru

Murwani, Endah (2012) Budaya partisipatif: suatu bentuk literasi media baru. In: Seminar Nasional Inovasi dan Tekhnologi.

[img]
Preview
Text
Paper-Endah_Murwani-Budaya_Partisipatif_Media_Baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (217kB) | Preview

Abstract

Teknologi komunikasi telah mengubah cara dan budaya komunikasi antar manusia pada tataran yang paling mendasar. Sifat media baru (interactivity, de-massification, asyinchronous, digital) berpotensi mengkategorisasikan media baru pada : 1) interpersonal communication media; 2) Interactive play media; 3) information search media; 4) collective participatory media. Dalam konteks sebagai media partisipasi kolektif, media baru digunakan untuk berbagi dan bertukar informasi, ide, pengalaman, mengembangkan relationship dan membentuk komunitas. Cara kita berkomunikasi dalam konteks sebagai media partisipasi kolektif dianggap sebagai budaya partisipatif, yang mencakup : afiliasi, ekspresi, pemecahan masalah kolaboratif dan sirkulasi. Budaya partisipatif ini merupakan bentuk baru literasi media baru yang perlu ditumbuhkan pada anak-anak muda karena budaya partisipatif dalam media baru ini merupakan potensi untuk pengembangan industri kreatif. Kata kunci : budaya partisipatif, literasi media baru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HM Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: Universitas Multimedia Nusantara
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 16 Nov 2017 10:01
Last Modified: 16 Nov 2017 10:01
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View Item View Item