UMN Knowledge Center

Reproduksi gaya hidup sehat dalam iklan

Murwani, Endah (2011) Reproduksi gaya hidup sehat dalam iklan. In: Konferensi Nasional Komunikasi, 9-10 November 2011, Universitas Indonesia.

[img]
Preview
Text
ENDAH MURWANI - REPRODUKSI GAYA HIDUP SEHAT DALAM IKLAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menawarkan cara mempelajari iklan dengan berpijak dari asumsi adanya hubungan dialektis antara realitas yang dibangun oleh iklan dengan relasi kuasa yang memungkinkan lahir dan diterimanya sebuah image simbolik – dalam hal ini realitas gaya hidup sehat. Penelitian memfokuskan bagaimana mekanisme reproduksi gaya hidup sehat dilakukan dalam iklan suplemen dan multivitamin. Sebagai pijakan teoritis digunakan mekanisme terjadinya reproduksi budaya dari Bourdieu dan Passeron yang meliputi tindakan pedagogik, otoritas pedagogik, kerja pedagogik dan sistem pendidikan. Tindakan pedagogik memiliki kuasa dalam menentukan sistem nilai yang bersumber dari kelas atau kelompok sosial tertentu. Iklan diasumsikan hampir sama dengan institusi pendidikan yang melakukan controlling process atau disciplining mind untuk meneruskan suatu warisan budaya yang dianggap sebagai milik sepenuhnya masyarakat. Dengan menggunakan perrspektif dialektik-reflektif, praktik produksi dan konsumsi image simbolik dalam iklan dikonstruksi dan direkonstruksi secara sosial dan historis. Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam proses produksi dan konsumsi iklan suplemen makanan-multivitamin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas gaya hidup sehat yang diproduksi iklan tidak secara tiba-tiba diterima oleh masyarakat, akan tetapi ternyata sudah ada internal forces yang terjadi melalui relasi-relasi kuasa dalam struktur masyarakat; yang pada akhirnya membentuk sistem kategorisasi, klasifikasi maupun sistem distingsi tentang gaya hidup sehat. Image gaya hidup sehat yang diproduksi iklan sebagai eksternal forces semakin menguatkan konsepsi khalayak tentang gaya hidup sehat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada suatu hubungan dialektika antara struktur dalam masyarakat dengan image simbolik gaya hidup sehat yang diproduksi iklan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: reproduksi budaya, iklan
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Universitas Multimedia Nusantara
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 17 Nov 2017 02:13
Last Modified: 17 Nov 2017 02:13
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item