UMN Knowledge Center

Implementasi komunikasi internal untuk membangun budaya organisasi (studi kasus pada perusahaan properti Sinarmas land)

Bastiano, Joshua (2016) Implementasi komunikasi internal untuk membangun budaya organisasi (studi kasus pada perusahaan properti Sinarmas land). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB) | Preview
[img] Text
BSB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana mplementasi komunikasi internal yang dilakukan dalam membentuk budaya perusahaan dan budaya seperti apakah yang ingin dibentuk oleh Sinar Mas Land. Pada penelitian ini menggunakan konsep komunikasi internal yang efektif menurut Paul Argenti, dan teori budaya organisasi oleh Pancanowsky dan O’Donnel Trujillo. Komunikasi internal memiliki peran yang penting, karena melalui komunikasi internal akan terbentuk sebuah budaya organisasi yang akan membawa keberhasilan organisasi. Beberapa perusahaan telah menunjukan betapa pentingnya budaya organisasi dalam mendukung keberhasilan perusahaan. Begitu pula dengan Sinar Mas Land sebagai perusahaan properti yang masih dalam tahap pengembangan budaya organisasinya. Dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan paradigma postpotivistik dan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan menggunakan tiga cara pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka serta menggunakan triangulasi sumber melalui bukti-bukti kegiatan, gambar, dan dokumen untuk memperkuat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi internal merupakan faktor penting dalam terbentuknya budaya organisasi. Adapun bentuk komunikasi internal yang dilakukan oleh Sinar Mas Land dalam usahanya membangun budaya organisasi yaitu melakukan kegiatan sosialisasi nilai Sinar Mas Land melalui workshop, berbagai macam lomba dan gathering yang bertujuan engedukasi nilai kepada seluruh karyawan, didukung berbagai macam media sosialisasi internal seperti email, forum digital, pendekatan interpersonal dan aplikasi chatting. Hingga saat ini, budaya yang terbentuk dalam Sinar Mas Land sudah berupa kekeluargaan dan etos kerja. Namun, Sinar Mas Land tetap memiliki tantangan untuk meleburkan gap generation yang terjadi di dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares > HB615-715 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. Property
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
K Law > K Law (General) > K520-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property > K1500-1578 Industrial property
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Jul 2017 02:32
Last Modified: 28 Sep 2017 02:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item