UMN Knowledge Center

Perancangan visualisasi 3d dalam pembuatan augmented reality pada puzzle “jajanan pasar”

Carlina, Jessica (2017) Perancangan visualisasi 3d dalam pembuatan augmented reality pada puzzle “jajanan pasar”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (692kB) | Preview

Abstract

Jajanan pasar atau kue tradisional merupakan salah satu bentuk budaya Indonesia yang kini sudah mulai dilupakan oleh generasi muda, khususnya anak-anak. Animasi tiga dimensi (3D) dan Augmented Reality dapat digunakan sebagai sarana pengenalan jajanan pasar kepada anak-anak. Penggunaan Augmented Reality untuk menampilkan visual yang lebih terhubung dengan dunia nyata, karena Augmented Reality memungkinkan penggunanya untuk menikmati tampilan visual dari berbagai sisi. Tahapan pembuatan model 3D dari jajanan pasar Indonesia perlu untuk diketahui, agar visualisasi model 3D dalam aplikasi Augmented Reality dapat dilakukan secara optimal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan studi literatur dan studi existing. Pada perancangan ini, Augmented Reality dikemas dalam bentuk puzzle permainan dengan ilustrasi bahan pembuat jajanan pasar, yang ketika seluruh puzzle disatukan, akan muncul model 3D dari jajanan pasar. Dalam penelitian ini, kesimpulan yang didapatkan adalah jumlah polygon dan kualitas pembacaan marker dapat mempengaruhi kualitas tampilan dari model 3D yang dimunculkan dalam Augmented Reality

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration > NC996 Animation
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 26 Mar 2018 04:33
Last Modified: 26 Mar 2018 04:33
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2891

Actions (login required)

View Item View Item