UMN Knowledge Center

Kegiatan media relations prasasta reputation management

Hito, Abraham Ryan Ade Putra (2013) Kegiatan media relations prasasta reputation management. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (988kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (814kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (768kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia usaha dan beragamnya tantangan yang dihadapi perusahaan dewasa ini, menjadikan peran public relations penting guna menjaga keberlangsungan sebuah perusahaan. Namun, tidak semua perusahaan menyadari akan pentingnya keberadaan public relations, seringkali mereka melihatnya sebagai cost center, akibatnya banyak perusahaan yang memiliki divisi public relations yang kurang mumpuni ketika dihadapkan pada tantangan yang menerpa perusahaan. Hal tersebut disiasati oleh perusahaan dengan menyewa jasa konsultan public relations guna membantu kinerja internal public relations mereka. Sebagai perusahaan yang menawarkan jasa konsultan public relations, Prasasta Reputation Management terus berkembang sejak awal berdirinya yakni pada 2007. Keberadaannya terus mendukung strategi perusahaan klien yang dimiliki sehingga mencapai tujuan bersama. Sebuah konsultan public relations tidak dapat berjalan independen dan tidak memiliki hubungan baik dengan media. Bagi Prasasta Reputation Management sendiri, hubungan baik dengan media dipercaya dapat memberikan keuntungan misalnya, membangun kepercayaan timbal balik, serta penyampaian/perolehan informasi yang akurat dan jujur kepada publik mengenai kliennya. Aktivitas utama yang dilakukan selama praktik kerja magang di Prasasta Reputation Management berupa kegiatan media relations seperti kliping pemberitaan, arsip untuk mendukung aktivitas media PR klien, menulis press release, registrasi, dsb. Praktik kerja magang dilaksanakan selama tiga bulan, selama tiga bulan penulis ditempatkan pada divisi consultant sebagai junior consultant yang tugasnya membantu kerja consultant saat menyelesaikan brief dari klien. Melalui praktik kerja magang yang telah dilaksanakan,banyak pengalaman dan pembelajaran yang bisa dipetik. Konsultan PR wajib memiliki hubungan baik dengan rekan media dan memiliki pengetahuan akan pemetaan media, sebab hubungan inilah yang turut mempengaruhi kinerja mereka dalam mengayomi klien yang umumnya „canggung‟ dengan media. Di samping itu, ada kompetensi lain yang harus dimiliki oleh praktisi public relations yakni menjalin relasi seluas mungkin dengan beragam stakeholder, memiliki wawasan yang luas dan tidak terbatas pada bidang Public Relations saja. Seorang konsultan Public Relations harus peka dan sadar akan isu lain yang sedang berkembang atau ilmu lain seperti litigasi, perekonomian, keuangan, politik, dsb. Hal ini mengingat terkadang klien yang datang tidak selalu dari kalangan swasta, namun tidak menutup kemungkinan dari kalangan Pemerintah. Keyword : public relations, media relations

Item Type: Thesis (Internship)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.6 Advertising. Public Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 02 May 2018 04:26
Last Modified: 02 May 2018 04:26
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/3053

Actions (login required)

View Item View Item