UMN Knowledge Center

Implementasi integrated marketing communications (imc) dalam divisi marketing communication fiction & literature gramedia publishers (group of book publishing - gobp)

Jaya, Herdi Setiawan (2013) Implementasi integrated marketing communications (imc) dalam divisi marketing communication fiction & literature gramedia publishers (group of book publishing - gobp). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (895kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (839kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC) DALAM DIVISI MARKETING COMMUNICATION FICTION & LITERATURE GRAMEDIA PUBLISHERS (GROUP of BOOK PUBLISHING - GoBP) Oleh : Herdi Setiawan Jaya (Ilmu Komunikasi – Public Relations 2010) Beredarnya e-book melalui internet telah menurunkan omzet produk buku bacaan sampai 15%. Meskipun begitu, industri penerbitan masih memiliki prospek tinggi. Setiap hari buku-buku baru terus bertambah dan begitu juga dengan penerbit-penerbit yang terus bermunculan sepanjang tahun. Berdasarkan data yang diperoleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Jakarta dari toko buku Gramedia tahun 2011 memaparkan bahwa ada 2300 judul buku baru yang diterima setiap bulannya dan belum termasuk data toko buku yang lainnya. Data Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) juga menyebutkan bahwa ada 302 penerbit. Dari fakta-fakta di atas merupakan tantangan tersendiri bagi industri penerbitan yang harus saling bersaing untuk mendapatkan pasar yang semakin sempit dan tidak dipungkiri bahwa omzetnya terus turun. Maka dari itu, perlu ada strategi-strategi yang menjadi pembeda dari kompetitornya, sehingga dalam perkembangannya pemasaran (marketing) dan Public Relations (PR) tidak lagi dapat dipisahkan. Keduanya saling mendukung demi mencapai tingkat penjualan dan citra serta reputasi yang baik dari publiknya. Dengan pertimbangan tersebut, Gramedia Publishers (Group of Book Publishing - GoBP) yang bergerak di industri penerbitan menerapkan integrated marketing communications sebagai pendukung dari bidang usaha mereka. Sebagai bagian dari marketing communication di bawah divisi promosi, proses pelaksanaan praktek kerja magang dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan. Aktivitas yang dilakukan adalah tindakan-tindakan public relations untuk mendukung marketing yang dikenal dengan istilah marketing communication. Pada proses pelaksanaan praktek kerja magang, tugas yang diberikan adalah integrated marketing communications (IMC) yang terdiri dari Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Direct Marketing, dan Public Relations. Kesimpulannya, praktek kerja magang ini digunakan sebagai latihan pembelajaran dan mengembangkan pengetahuan tentang implementasi integrated marketing communications dalam divisi marketing communication mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasinya. Kata kunci : Integrated marketing communications, Gramedia Publishers

Item Type: Thesis (Internship)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.4 Integrated Marketing Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 May 2018 02:30
Last Modified: 04 May 2018 02:30
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/3091

Actions (login required)

View Item View Item