Peran public relations daam menyampaikan informasi dan kebijakan perusahaan melalui media internal majalah berita jalan tol (studi kasus deskrptif PT. jasamarga (persero) Tbk)

Satrio, Muhammad Reza (2016) Peran public relations daam menyampaikan informasi dan kebijakan perusahaan melalui media internal majalah berita jalan tol (studi kasus deskrptif PT. jasamarga (persero) Tbk). Bachelor Thesis thesis, Unversitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (779kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti peran Public Relations PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, yang menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dengan stakeholders internal. Salah satunya yaitu melalui media internal, majalah Berita Jalan Tol. Bagaimana peran Public Relations tersebut sebagaimana dapat dilihat dalam proses dari penyusunan majalah Berita Jalan Tol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari Public Relations yaitu Corporate Communications khususnya pada bagian Internal dalam Menyampaikan Informasi dan Kebijakan Perusahaan melalui Media Inernal Majalah Berita Jalan Tol di PT Jasamarga (Persero) Tbk. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus peran Public Relations PT. Jasa Marga (Persero) Tbk dalam majalah Berita Jalan Tol. Menggunakan teori dan konsep Corporate Comunications Cees Van Riel dan Charles Fombrun, dan model Persuasi efek hierarki model McGuire Erica dan Bruce. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan 2 Key Informan dan 5 Informan tambahan dan dilengkapi dengan studi literatur. Untuk keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran dari Public Relations adalah sebagai fasilitator komunikasi menurut Dozier dan Broom belum maksimal dari mulai perencanaan, pelaksanaan, distribusi dan evaluasi pada majalah Berita Jalan Tol karena dalam penentuan untuk menyampaikan informasi dan kebijakan perusahaan terbatas hanya terpaku surat keputusan yang ditentukan oleh Corporate Secretary, pihak Public Relations internal tidak dapat menentukan tema. Menurut efek hierarki model perusasi McGuire, pembaca dari majalah tersebut berada pada tahap liking dan interest tahap ke tiga pada model yang disajikan yang artinya bahwa pembaca dari majalah internal Berita Jalan Tol masih menganggap berita dari yang disajikan dalam majalah apakah relevan bagi pembaca atau tidak. Kendala dalam penyusunan media internal dalam menjalankan fungsi sebagai fasilitator komunikasi adalah mengumpulkan beritaberita yang ada untuk diterbitkan dalam majalah terkendala terlambat pengiriman bahkan sampai tidak ada berita yang berdampak pada keterlambatan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Jul 2017 09:54
Last Modified: 03 Jun 2022 03:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item