UMN Knowledge Center

Perilaku komunikasi interpersonal dalam instant messenger (studi kasus perilaku pengguna komunikasi line di kalangan remaja SMA)

Danthi, Rietma (2016) Perilaku komunikasi interpersonal dalam instant messenger (studi kasus perilaku pengguna komunikasi line di kalangan remaja SMA). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (882kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih mempengaruhi pola hidup manusia menjadi lebih modern dan praktis. Hal ini membuat perusahaan-perusahaan dibidang teknologi komunikasi membuat layanan instant messenger untuk mempermudah manusia saling berkomunikasi tanpa terhalang jarak dan waktu. Salah satu contoh aplikasi messenger yang banyak digunakan yaitu LINE Messenger. Target pasar dari LINE sendiri adalah generasi milenial, di mana generasi ini masih memiliki pemikiran terbuka terhadap influence dari iklan, sehingga pada penelitian ini yang menjadi informan adalah remaja SMA yang menggunakan aplikasi LINE sebagai media berkomunikasi. Acuan teori dan konsep penelitian ini adalah komunikasi interpersonal dari DeVito, dan didukung dengan teori Computer Mediated Communication (CMC), Teori Media Baru, dan Internet sebagai Media Baru. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap kelima informan yang terdiri dari remaja sma, observasi, dan analisis data dari hasil chat yang didapat dari kelima informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi remaja dalam menggunakan aplikasi LINE, yaitu saling menghargai satu sama lain, saling mendukung, dan menggunakan bahasa tidak formal dan menggunakan singkatansingkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications > HE9751-9756 Messenger service
H Social Sciences > HM Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media > P94.7 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Jul 2017 03:34
Last Modified: 28 Sep 2017 02:36
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item