UMN Knowledge Center

Strategi komunikasi internal relations fif group 2015 dalam menanamkan budaya perusahaan

Dewi, Serlinia (2016) Strategi komunikasi internal relations fif group 2015 dalam menanamkan budaya perusahaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (845kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai strategi komunikasi internal relations FIF Group 2015 dalam menanamkan budaya perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dinamika bisnis yang membuat perusahaan terus mempertahankan posisinya, tidak luput juga bisnis financial yang memiliki perputaran bisnis yang sangat dinamis. Perkembangan bisnis perusahaan ditentukan oleh perilaku anggota perusahaan (karyawan). Salah satu strateginya adalah dengan menanamkan budaya berupa nilai perusahaan secara konsisten kepada karyawan. Agar budaya perusahaan dapat terinternalisasikan dengan baik, maka dibutuhkan fungsi komunikasi internal untuk mengkomunikasikannya kepada seluruh karyawan. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan konsep Research, Objective, Programming, and Evaluation (ROPE) oleh Jerry A. Hendrix & Darrell C. Hayes. Penelitian berjenis kualitatif deskriptif, serta menggunakan metodologi studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mandalam dan studi pustaka. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan program penanaman budaya perusahaan disebut sebagai culture day, yang fokus kepada upaya dalam penanaman nilai perusahaan dalam setiap diri karyawan FIF Group secara berkala dan berkelanjutan, yaitu dilakukan setiap hari Senin di awal bulan. Yang didukung dengan media internal untuk mengkomunikasikannya seperti pamphlet, poster, intranet dan bulletin Astra. Meskipun aktivitas dan fungsi internal yang dilakukan FIF Group sudah efektif, namun efektifitas dari program ini belum terukur secara terperinci. Budaya yang sudah menjadi bagian yang tertanam kuat dalam diri karyawan harus terus dijaga dengan program komunikasi internal yang berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Jul 2017 02:17
Last Modified: 28 Sep 2017 02:52
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item