UMN Knowledge Center

Analisis Pengaruh Perceived Price, Perceived Quality, dan Product Assortment terhadap Word Of Mouth melalui Customer Satisfaction (Studi Pada Konsumen Distro Bloop Endorse - Jakarta).

Haryanto, Teddy (2015) Analisis Pengaruh Perceived Price, Perceived Quality, dan Product Assortment terhadap Word Of Mouth melalui Customer Satisfaction (Studi Pada Konsumen Distro Bloop Endorse - Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akibat pesatnya perkembangan industri fashion di Indonesia, membuat masyarakat semakin peka akan peluang untuk menghasilkan keuntungan dari bisnis fashion tersebut. Hal ini ditandai dengan mulai berkembangnya jenis bisnis Distro atau Distribution Store, dimana toko ini menjual pakaian, sepatu, atau aksesoris lainnya, yang biasa digunakan oleh kaum muda dengan jumlah yang terbatas. Salah satu pemain distro tersebut adalah Bloop Endorse yang berada dikawasan Tebet, Jakarta Selatan. Selama menjalankan bisnisnya, Bloop Endorse kerap kali menghadapi permasalahan, seperti penjualan yang tidak menentu dan stagnan, sulitnya mengadopsi perkembangan trend fashion dari luar negeri untuk dibawa masuk ke dalam Bloop Endorse, serta kualitas produk yang mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya. Faktor tersebut tentu dapat berdampak terhadap puas atau tidaknya konsumen dan mau atau tidaknya konsumen dalam merekomendasikan produk Bloop Endorse. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui apakah Word Of Mouth konsumen terhadap distro Bloop Endorse dipengaruhi oleh Perceived Price, Perceived Quality, dan Product Assortment, melalui Customer Satisfaction. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 4 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel penelitian ini berjumlah 126 responden, baik laki-laki maupun perempuan yang berusia 15-35 tahun, sudah pernah mengunjungi distro Bloop Endorse minimal 3 kali dan pernah membeli produk Bloop Endorse dalam jangka waktu 3 bulan terakhir. Sebuah kuesioner di desain untuk mengumpulkan informasi dari calon pembeli produk Bloop Endorse. Hasil analisis menunjukkan bahwa Perceived Price berpengaruh negatif terhadap Word Of Mouth melalui Customer Satisfaction, sedangkan Perceived Quality dan Product Assortment berpengaruh positif terhadap Word Of Mouth melalui Customer Satisfaction. Kesimpulan penelitian ini adalah jika Bloop Endorse memiliki harga yang masuk akal, kualitas bahan yang nyaman dipakai, memiliki variasi model produk yang lebih banyak, maka konsumen akan merasa puas. Dan jika para konsumen sudah puas, maka konsumen akan memiliki keinginan untuk berbicara hal-hal positif tentang Bloop Endorse. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan sebagai berikut, yaitu menyesuaikan harga dengan pesaing, melakukan internal quality control untuk produk supplier, menambah variasi produk dan memberikan kejutan-kejutan kecil untuk para konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:56
Last Modified: 08 Aug 2017 09:33
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item