UMN Knowledge Center

Aktivitas customer relationship management dalam departemen strategic planning sinar mas land

Bastiano, Joshua (2016) Aktivitas customer relationship management dalam departemen strategic planning sinar mas land. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsumen sebagai salah satu faktor penting dalam keberlangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, hubungan dengan konsumen tidak hanya sebatas membeli dan menjual saja, melainkan after sales service juga ikut menentukan hubungan yang berdampak jangka panjang dengan konsumen. Konsumen merupakan stakeholder yang harus dijaga kepuasannya agar dalam jangka panjang. Agar kedepannya konsumen akan melakukan pemberlian berulang dan merekomendasi kepada calon konsumen terhadap suatu produk. Sinar Mas Land sebagai perusahaan yang bergerak di bidang developer real estate memandang bahwa perlunya customer relationship management (CRM) sebagai salah satu strategi dalam membangun hubungan dengan konsumen. Sehingga tujuan dari program CRM ini, bermanfaat untuk produk development, pembangunan fasilitas agar efektif dan efisien, dan membantu untuk mengurangi komplain yang terjadi pada perusahan. Dalam praktik kerja magang, penulis ditempatkan pada divisi Corporate Strategic and Services yang bertugas menjalankan aktivitas CRM. Adapun aktivitas CRM yang dilakukan oleh penulis selama masa magang berupa interview konsumen, pengelolaan database, event gathering antar divisi, dan melakukan follow up konsumen. Strategi CRM yang baik, perlu dilakukan oleh perusahaan guna menjaga dan meningkatkan image perusahaan di mata publik sehingga berdampak kepada reputasi perusahaan dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Internship)
Uncontrolled Keywords: CRM, Sinar Mas Land, database, konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.7 Customer Relationship Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Sep 2018 02:03
Last Modified: 24 Sep 2018 02:03
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item View Item