UMN Knowledge Center

analisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, perceived credibility, dan the amount of information terhadap attitude toward mobile credit application serta implikasinya pada usage intention: telaah pada calon pengguna aplikasi kredivo

Hosea, Yonathan (2017) analisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, perceived credibility, dan the amount of information terhadap attitude toward mobile credit application serta implikasinya pada usage intention: telaah pada calon pengguna aplikasi kredivo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan pengguna internet telah merevolusi dunia bisnis dan merupakan awal mula dari era e-commerce yang mendorong inovasi metode pembayaran transaksi online. Salah satu metode pembayaran transaksi online tersebut adalah kartu kredit, tetapi di Indonesia sendiri penetrasi dan penggunaan kartu kredit sangat rendah. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi Kredivo yang akhirnya menjadi mobile credit application pertama di Indonesia. Maka penelitian ini akan membahas fator yang mempengaruhi usage intention dan attitude toward mobile credit application, mencakup perceived usefulness, perceived ease of use, perceived credibility, dan the amount of information on mobile credit application pada mobile credit application Kredivo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan metode nonprobability sampling memakai judgemental sampling. Terdapat 8 hipotesis yang akan diuji menggunakan structural equation modeling. Sampel penelitian berjumlah 135 responden dengan rentang umur 17-37 tahun, pernah berbelanja online dalam 6 bulan terakhir, mengetahui Kredivo pada salah satu merchant partner Kredivo, mengetahui fungsi dari Kredivo, berdomisili dimana layanan Kredivo tersedia, dan tidak pernah bertransaksi menggunakan Kredivo. Temuan pada penelitian ini menunjukan pengaruh antara perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap attitude toward mobile credit application, perceived ease of use terhadap perceived usefulness. Terdapat juga pengaruh antara perceived credibility, the amount of information on mobile credit application, dan attitude toward mobile credit application terhadap usage intention aplikasi Kredivo. Namun perceived usefulness ditemukan tidak memiliki pengaruh positif terhadap usage intention. Kesimpulan penelitian diambil berdasarkan 8 hipotesis penelitian dimana tidak semua sejalan dengan temuan. Sehingga saran yang diberikan adalah meningkatkan perceived usefulness dan perceived ease of use agar dapat meningkatkan usage intention melalui attitude toward mobile application dan juga lebih memperhatikan perceived credibility dan the amount of information on mobile credit card untuk meningkatkan usage intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD65 Marketing Management
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 25 Jan 2019 07:27
Last Modified: 25 Jan 2019 07:27
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/4787

Actions (login required)

View Item View Item