UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Pakaian Adat Sulawesi Berbasis Augmanted Reality Pada Smartphone

Sembel, Riyadi Efendi (2017) Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Pakaian Adat Sulawesi Berbasis Augmanted Reality Pada Smartphone. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Augmented Reality (AR) menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual menggunakan media secara langsung, sehingga objek 3 Dimensi yang dibuat melalui komputer dapat dilihat secara keseluruhan menggunakan media yang digunakan, Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan AR dalam promosi dan periklanan mereka.Pada penelitian ini, dibuat sebuah aplikasi pengenalan pakaian adat Sulawesi dengan metode marker-based Augmented Reality. Unity 3D digunakan untuk membangun aplikasi dan Vuforia sebagai library Augmented Reality, di mana aplikasi dapat mengenali marker yang menjadi dasar pemunculan objek virtual 3D pakaian adat.Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi multimedia yang menggunakan teknologi Augmented Reality dalam pengenalan pakaian adat khususnya pakaian adat yang ada di Provinsi Sulawesi. Dengan menggunakan Augmented Reality bisa membuat proses belajar - mengajar lebih efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pakaian Adat Sulawesi, Unity 3D, Vuforia
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800-8360 Electronics > TK7885-7895 Computer engineering. Computer hardware
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Teknik Komputer
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:25
Last Modified: 24 Jan 2019 02:25
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/4861

Actions (login required)

View Item View Item