UMN Knowledge Center

implementasi dynamic scripting pada ai dota 2

Asher, Evan (2018) implementasi dynamic scripting pada ai dota 2. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab vi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (752kB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Artificial Intelligence (AI) merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana mesin dapat berpikir dan berprilaku seperti layaknya manusia. AI banyak diaplikasikan pada software -software tertentu salah satunya adalah video games. Pada Video games, AI merupakan elemen yang penting untuk menciptakan NPC (Non-Playable Character) yang dapat berinteraksi dengan pemain dalam dunia di video games itu sendiri. Meskipun sekarang teknologi yang digunakan sudah canggih dalam membuat detail grafis, animasi, dan audio dalam games, namun kebanyakan game masih memiliki AI yang standar. AI yang standar ini memunculkan masalah yaitu tidak memiliki kemampuan untuk dapat beradaptasi dari taktik manusia yang lebih kompleks sehingga mengurangi aspek entertainment video games itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut maka AI harus dapat beradaptasi dengan perilaku dan taktik pemain layaknya manusia. Salah satu metode untuk membuat AI yang adaptif dan mampu beradaptasi tersebut adalah metode dynamic scripting. Metode ini menggunakan rulebase untuk menentukan aksi-aksi yang akan dilakukan oleh AI seiring dengan berjalannya game dan interaksinya dengan pemain. Penelitian ini membahas bagaimana menciptakan sebuah AI pada video games dengan menggunakan Dota 2 sebagai templatenya yang dapat berprilaku adaptif dan mampu beradaptasi dengan taktik pemain sehingga performanya atau tingkat kepitnarannya lebih baik dari AI standarnya melalui metode dynamic scripting. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan sebuah AI pada video games Dota 2 yang mampu beradaptasi sesuai dengan kondisi dan taktik dari pemain lawannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 25 Jan 2019 06:58
Last Modified: 25 Jan 2019 06:58
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/4941

Actions (login required)

View Item View Item