UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Penyedia Informasi Bengkel Menggunakan Algoritma Nazief & Adriani (Studi Kasus: Bengkel SUM Hexaputra)

Ramli, Ignasius Ivan (2018) Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Penyedia Informasi Bengkel Menggunakan Algoritma Nazief & Adriani (Studi Kasus: Bengkel SUM Hexaputra). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (699kB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi, teknologi akan terus berkembang dengan cepat di segala bidang, mulai dari pekerjaan sederhana sampai proyek-proyek besar. Bengkel mobil merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan pekembangan informasi. Pemberian informasi dilakukan menggunakan telepon atau pelanggan datang langsung ke bengkel. Dengan cara seperti itu, pemberian informasi tidak dapat diberikan saat itu juga yang menyebabkan proses pelayanan menjadi lambat. Hal tersebut juga terjadi pada bengkel SUM Hexaputra ditambah dengan ramainya bengkel dan pelanggan banyak bertanya membuat pemberian informasi terhambat, ditambah dengan hari Minggu bengkel tutup. Aplikasi chatbot adalah suatu cara user dapat berinteraksi dengan penjual dengan bahasa sehari-hari secara instan 24x7 tanpa menghubungi operator secara langsung. Aplikasi chatbot Bengkel SUM Hexaputra dibangun dengan Artificial Intelligence Markup Language (AIML) sebagai dasar pengetahuan chatbot dan menggunakan Algoritma Nazief & Adriani untuk proses mengolah input kata menjadi kata dasar agar input menjadi lebih terstruktur dan sesuai kebutuhan dalam pencocokan pola. Aplikasi ini telah dievaluasi menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan mendapatkan hasil sebesar 87.9% menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi dapat berguna (perceived usefulness) dan 85.9% menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi dapat mudah digunakan (perceived ease of use).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence Markup Language (AIML), Bengkel SUM Hexaputra, Chatbot, Nazief & Adriani, Stemming.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.6-58.62 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 28 Jan 2019 07:55
Last Modified: 07 Aug 2019 08:22
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/4966

Actions (login required)

View Item View Item