UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Game First Person Shooter Dengan Procedural Content Generation Berbasis Virtual Reality

Wijaya, I Gusti Ngurah Taksu (2018) Rancang Bangun Game First Person Shooter Dengan Procedural Content Generation Berbasis Virtual Reality. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Video game adalah suatu bentuk media entertainment yang terus berkembang dan pada tahun 2017 mencapai revenue sebesar $80 milyar, hal ini mengakibatkan peningkatan terhadap konten yang lebih berkualitas sampai di saat dimana produksi game sendiri sudah mahal dan tidak dapat diukur. Procedural Content Generation adalah salah satu solusi yang dapat mengatasi masalah ini, Procedural Content Generation adalah metode dimana konten dibuat oleh komputer dengan suatu algoritma. Berguna untuk membantu dalam produksi game namun tidak banyak riset dan perkembangan untuk metode ini padahal metode bisa membantu memotong banyak sekali biaya untuk pembuatan game dan memberikan pemain sebuah konten yang bervariasi dan banyak setiap game dimainkan. Berdasarkan masalah inilah akan dibangun sebuah game untuk melihat tingkat kepuasan pemain terhadap game yang mengimplementasikan Procedural Content Generation dengan merancang bangun game dari genre terpopuler yaitu First Person Shooter untuk dapat menarik perhatian pemain terbanyak dan teknologi terbaru yaitu Virtual Reality, dibangun sebuah game dengan Procedural Content Generation. Konten yang kemudian akan di-generate adalah cerita dengan metode Grammars dan Game Space yang berbentu maze dengan Room Generating Algorithm dan Corridor Generation Algorithm. Game yang dibangun kemudian dimainkan dan dievaluasi dengan Game User Experience Satisfaction Scale (GUESS) dan mendapatkan hasil 77% (Bagus) pada tingkat kepuasannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Procedural Content Generation, Video game, tingkat kepuasan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199-1570 Games and amusements
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199-1570 Games and amusements > GV1221-1469.63 Indoor games and amusements > GV1469.15-1469.62 Computer games. Video games. Fantasy games
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 28 Jan 2019 08:00
Last Modified: 28 Jan 2019 08:00
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/4970

Actions (login required)

View Item View Item