UMN Knowledge Center

rancang bangun aplikasi digital receipt dengan menggunakan metode gamifikasi dan push notification (studi kasus: cafetaria delicia summarecon digital center)

Purnama, Rian Suhito (2018) rancang bangun aplikasi digital receipt dengan menggunakan metode gamifikasi dan push notification (studi kasus: cafetaria delicia summarecon digital center). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Di era modern, teknologi memiliki peranan penting terutama dalam kegiatan bisnis. Teknologi dapat menjadi solusi dari salah satu masalah yang timbul akibat kegiatan bisnis, yaitu penggunaan kertas yang berlebihan dalam bentuk struk belanja yang dapat diubah ke dalam bentuk digital. Cafetaria Delicia menjadi tempat yang cocok untuk penelitian ini karena penggunaan kertas dalam bentuk struk belanja yang berlebihan. Namun, dibalik perkembangan teknologi tersebut muncul pula permasalahan seperti kurangnya motivasi pengguna aplikasi yang berperan sebagai alat bantu transaksi. Hal ini yang mendasari pembuatan aplikasi Digital Receipt berbasis Android. Aplikasi Digital Receipt merupakan aplikasi Android yang dikhususkan untuk Cafetaria Delicia sebagai alat bantu transaksi yang dapat mengurangi penggunaan kertas dalam bentuk struk belanja. Aplikasi ini dirancang dengan metode gamifikasi dan push notification yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi pengguna untuk menggunakan aplikasi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan feedback dari customer Cafetaria Delicia. Hasil dari pengujian tersebut menunjukkan kesuksesan aplikasi sebesar 82.67% dan kesuksesan pengimplementasian gamifikasi dan push notification sebesar 73.33%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T173.2-174.5 Technological change
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 30 Jan 2019 08:54
Last Modified: 30 Jan 2019 08:54
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item