UMN Knowledge Center

rancang bangun aplikasi chatbot penyedia informasi manajemen karyawan menggunakan algoritma enhanced confix stripping (studi kasus : pt gramedia multi utama)

Tjandra, Thomas Cornelius (2018) rancang bangun aplikasi chatbot penyedia informasi manajemen karyawan menggunakan algoritma enhanced confix stripping (studi kasus : pt gramedia multi utama). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (822kB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Secara umum, manajemen karyawan merupakan bagian utama dalam suatu organisasi yang dikelola oleh divisi Human Resource Development. Aktivitas yang dilakukan biasanya berkaitan dengan karyawan seperti perencanaan, perekrutan, pemilihan, pengembangan, kompensasi, kesehatan, serta hubungan antar karyawan. Divisi Human Resource Development pada PT Gramedia Multi Utama telah membangun Human Resources Information System untuk memberikan seluruh informasi dalam bentuk website HR Portal. Fitur dan konten yang banyak menyebabkan langkah yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi menjadi lebih panjang. Bahkan tidak sedikit karyawan yang menghubungi technical support untuk mengatasi permasalahan yang sama terkait informasi, data serta penggunaan HR Portal. Jumlah permintaan bantuan tidak sebanding dengan jumlah ketersediaan penyedia informasi, sehingga tidak semua karyawan mendapatkan bantuan pada saat itu juga. Oleh karena itu, chatbot merupakan salah satu cara untuk menyampaikan sebuah informasi tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah karyawan. Aplikasi chatbot ini dibangun dengan Artificial Intelligence Markup Language sebagai dasar pemodelan dialog percakapan serta tahapan preprocessing dan Algoritma Enhanced Confix Stripping untuk memproses kalimat input pengguna. Aplikasi chatbot ini telah dievaluasi menggunakan Technology Acceptance Model dan mendapatkan hasil sebesar 87.5% menyatakan sangat setuju untuk perceived usefulness dan 84.4% menyatakan sangat setuju untuk perceived ease of use.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T173.2-174.5 Technological change
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 01 Feb 2019 02:21
Last Modified: 01 Feb 2019 02:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item