UMN Knowledge Center

Penggunaan Media Sosial Youtube Sebagai Perwujudan Presentasi Diri (Studi Kasus Vlogger Pada Kalangan Remaja Akhir)

Pratiwi, Ayu (2018) Penggunaan Media Sosial Youtube Sebagai Perwujudan Presentasi Diri (Studi Kasus Vlogger Pada Kalangan Remaja Akhir). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (954kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2005 Youtube hadir memberi nuansa baru dalam ranah blogging. Tren baru vlog (video blog) merupakan peralihan blog menjadi video yang diunggah di akun media sosial Youtube. Internet akrab dengan kelahiran mayoritas berusia 18- 24 tahun. Para ahli psikologi menggolongkan usia tersebut sebagai remaja lanjut. Vlog dilihat sebagai medium yang menjadi perantara individu melakukan presentasi diri dan mengelola kesan dirinya yang ditunjukkan kepada penonton Youtube. Oleh karena itu, peneliti berusaha mencari tahu lebih banyak tentang bagaimana presentasi diri vlogger dalam media sosial Youtube dan pengelolaan kesan yang remaja akhir tampilkan. Berbekal metode Studi Kasus Robert E. Stake, penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif ini menggunakan teori Dramaturgi. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi terhadap ketiga remaja akhir yang seorang vlogger. Adapun hasil penelitian, panggung depan ketiga informan memilki karakteristik kesan yang berbeda. Sedangkan panggung belakang, secara keseluruhan memilki kesan yang sama, untuk melindungi panggung depannya. Dalam pengelolaan kesan yang ingin ditampilkan ketiga informan menggunakan empat jenis yang meliputi, to be liked, to hide faults, credibility strategies dan to be followed.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: youtube, vlog, presentasi diri
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding > HD30.21 Personal Branding
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media > P94.7 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 25 Feb 2019 03:01
Last Modified: 25 Feb 2019 03:01
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5100

Actions (login required)

View Item View Item