UMN Knowledge Center

Model Bisnis Media Online: Studi Kasus Pada Tirto.Id

Vania, Lucia Gilberta (2018) Model Bisnis Media Online: Studi Kasus Pada Tirto.Id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (46MB) | Preview

Abstract

Kehadiran Internet dan World Wide Web (WWW) membawa perubahan fundamental terhadap bisnis media. Sayangnya, pertumbuhan media online yang terbilang pesat tidak diiringi dengan ketahanannya secara ekonomi. Salah satunya adalah media Mashable yang harus dijual dengan harga yang tidak lebih dari satu per lima nilai valuasi perusahaan tersebut. Media-media online belum menemukan sebuah konsep model bisnis yang dapat menjadi pegangan untuk menjalani bisnis di era digital. Penelitian ini membahas tentang konsep model bisnis pada sebuah media online, yaitu Tirto.id. Fakta bahwa konsep model bisnis yang ada pada media konvensional bisa jadi tidak berlaku untuk media di era digital menjadi perhatian serius yang membuat penelitian ini penting untuk diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Konsep yang digunakan adalah model bisnis canvas oleh Osterwalder, yang menggunakan sembilan blok untuk melihat bagaimana model bisnis tersebut diterapkan dalam media online untuk menciptakan bisnis yang dapat menopang perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tirto.id mengelola kesembilan blok model bisnis tersebut. Terdapat dua blok yang kemudian menjadi fokus pengembangan Tirto.id, yaitu perancangan nilai produk dan sumber daya. Kedua unsur tersebut membuat perusahaan dapat menjalankan kerja jurnalistik dan mencari pendapatan dengan seimbang. Sistem advertising sebagai sumber pendapatan baru dijalankan oleh Tirto.id di tahun keduanya berdiri. Dengan kebijakan iklan yang dimiliki, Tirto.id menunjukkan perkembangan yang positif sebagai media pendatang baru.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model bisnis, media online, bisnis media.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050-4775 Information in specific formats or media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 26 Feb 2019 02:00
Last Modified: 26 Feb 2019 02:00
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item