UMN Knowledge Center

Proses Pembuatan Interactive Story-Telling Visual Novel Newsgame: Jakarta Trip (Kajian Kemacetan Jakarta)

Hardika, Muhamad Farid (2018) Proses Pembuatan Interactive Story-Telling Visual Novel Newsgame: Jakarta Trip (Kajian Kemacetan Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemacetan bisa dibilang salah satu masalah serius yang menimpa kota-kota besar di dunia termasuk di Indonesia, DKI Jakarta bukan pengecualian. Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan situasi kemacetan di Jakarta kepada khalayak dan menghadirkan solusi bagi pemerintah mengenai kemacetan. Medium yang dipilih adalah newsgame. Penulis tertarik mengerjakan final project bertema newsgame kemacetan karena sepengetahuan penulis belum ada game Interactive Story-telling bertipe Visual Novel yang mengangkat informasi tentang kemacetan. Latar belakang penulisan didorong oleh kemacetan di Jakarta yang kian hari, semakin parah. Game ini menjelaskan penyebab kemacetan baik secara umum (berdasarkan fakta yang terungkap) maupun hal yang khusus (hal yang tidak terungkap atau di luar kesadaran warga Jakarta). Pembuatan game ini akan menggunakan engine Ren’py. Dalam game ini terdapat tujuh skenario yang akan dilalui pemain untuk mengetahui cerita dan permasalahan yang diangkat dalam game (kemacetan). Pemain akan disuguhkan pilihan yang harus dijawab untuk melanjutkan ke setiap skenario. Pilihan tersebut juga akan mempengaruhi jalan cerita dan juga akhir dari cerita pada game ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Traffic, Newsgame Traffic, Newsgame
Subjects: H Social Sciences
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050-4775 Information in specific formats or media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 26 Feb 2019 03:06
Last Modified: 26 Feb 2019 03:06
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item View Item