UMN Knowledge Center

Pemaknaan Kreator Konten Youtube: Studi Fenomenologi Kreator Konten Tim2one Chandra Liow Dan Usama Harbatah Memanfaatkan Media Baru

Meinard, Nissy Ariana (2018) Pemaknaan Kreator Konten Youtube: Studi Fenomenologi Kreator Konten Tim2one Chandra Liow Dan Usama Harbatah Memanfaatkan Media Baru. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (932kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan teknologi internet memunculkan bentuk hiburan baru, yakni YouTube. Kelahiran situs berbagi video yang kini menjadi situs yang laris manis memiliki lebih dari satu miliar pengguna (users) ini memunculkan kreator-kreator konten yang bersaing tidak hanya antar sesamanya namun juga bersaing dengan televisi. Menjadi situs berbagi video yang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia, tidak lepas dari kreator-kreator konten yang menyuguhkan kontenkonten orisinal yang menjadi daya tarik YouTube. Profesi sebagai kreator konten berbasis YouTube yang popularitasnya meningkat pesat di tahun 2014, tentunya merupakan hal yang masih baru ditengah masyarakat awam Indonesia. Maka melalui penelitian ini, peneliti berusaha mendapatkan gambaran ringkas mengenai pemaknaan kreator konten berbasis YouTube terkait pengalaman profesinya. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi Husserl dengan paradigm konstrukstivistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam skripsi ini ditemukan bagaimana kedua informan memaknai profesi yang mereka jalani. Usama merupakan kreator konten yang selalu mengikuti tren terkini sebagai insprirasi dari semua konten yang ia unggah di YouTube, sedangkan Chandra memberi persentase sebesar 25% sebagai ruang bagi tren dan permintaan penonton mempengaruhi isi kontennya. Persamaan yang ditemukan dari wawancara yang dilakukan adalah Usama dan Chandra tidak terbuka dengan kerjasama dengan merek dagang yang ingin beriklan dengan cara hard selling seperti di TV. Menurut kedua konten kreator ini, YouTube memiliki audiens yang lebih selektif dan memiliki andil yang lebih besar untuk menentukan apa yang mereka ingin lihat dibandingkan dengan penonton TV. Pengalaman para kreator konten ini dalam menerima komentar negatif menunjukkan perkembangan yang sama. Awalnya, mereka merasa tidak nyaman dan terganggu namun seiring berjalannya waktu mereka menjadi terbiasa dan tidak melihat komentar buruk sebagai masalah besar.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: fenomenologi husserl, youtube, dan kreator konten
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.5 Media Marketing
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050-4775 Information in specific formats or media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 26 Feb 2019 03:08
Last Modified: 26 Feb 2019 03:08
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item