UMN Knowledge Center

Praktik Penggunaan Instagram Dalam Aktivitas Jurnalisme: Studi Kasus Pada Detikcom

Angelia, Angelia (2017) Praktik Penggunaan Instagram Dalam Aktivitas Jurnalisme: Studi Kasus Pada Detikcom. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (946kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas media sosial Instagram yang digunakan/dimanfaatkan oleh Detikcom sebagai perpanjangan tangan untuk penyebarluasan beritanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana media online (Detikcom) mendefinisikan dan mengkonstruksikan Instagram sebagai saluran distribusi informasi atau berita. Pada penelitian ini penulis menggunakan teori Social Construction of Technology (SCOT) terkandung empat tema di dalam SCOT yakni Relevant Social Groups, Interpretative Flexibility, Closure and Stabilization, dan Wider Context. Teori ini membahas bahwa teknologi merupakan hasil dari konstruksi sosial. Di penelitian ini, peneliti juga menggunakan pendekatan kualitatif dan fokus penelitian pada paradigma konstruktivis, metode analisis yang digunakan yaitu studi kasus model Robert E Stake. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa; Pertama Relevant Social Groups sebagai aktor atau kelompok sosial yang memiliki pandangan berbeda yakni sebagai penyebaran informasi dan ruang iklan; Kedua Interpretative Flexibility yang merupakan pandangan kelompok sosial terdapat lima varian fungsi, meliputi: 1) penyebaran informasi, 2) pemasaran, 3) mensosialisasikan Instagram ke pembaca, 4) pemenuh kebutuhan pembaca masa kini, 5) interaktivas; Ketiga Closure & Stabilization yang berarti perdebatan yang mencapai kesepakatan, di Detikcom meski pada awalnya terdapat perdebatan tetapi sudah ditemukan kesepakatan dengan munculnya guideline atau buku panduan penggunaan Instagram; Keempat Wider Context, dorongan yang memicu Detikcom menggunakan Instagram berupa 1) gaya hidup, yakni di zaman sekarang masyarakat tidak terlepas dari penggunaan media sosial 2) konsumsi media ialah mengakses informasi/berita melalui media sosial dalam hal ini Instagram dan 3) faktor persaingan dengan media lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Teori Social Construction of Technology, Detikcom, Studi Kasus Robert E Stake.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050-4775 Information in specific formats or media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:06
Last Modified: 27 Feb 2019 08:06
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item View Item