UMN Knowledge Center

Konstruksi Sosial Teknologi Video Jurnalistik Pada 20detik: Sebuah Studi Kasus

Susilarto, Egin Arissa (2017) Konstruksi Sosial Teknologi Video Jurnalistik Pada 20detik: Sebuah Studi Kasus. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23MB) | Preview

Abstract

Kemunculan dari internet, media sosial, dan teknologi mempercepat perkembangan dalam bidang jurnalisme dan komunikasi. Dalam hal ini konvergensi media menjadi konsep yang penting untuk menarik minat konsumen. Banyak bermunculan inovasi-inovasi baru dalam ranah jurnalistik. Salah satunya adalah kemunculan fenomena video dengan konsep baru yang banyak beredar di Facebook. Video ini merupakan gabungan antara gambar, video, teks, grafis, dan quotes. Selain itu, video ini memiliki rata-rata durasi 90 detik. Video konsep baru ini memiliki tampilan dengan teks di dalamnya berukuran besar dan mencolok. Salah satu media di Indonesia yang sudah mengusung konsep ini serta konsisten dalam penggunaannya adalah 20DETIK miliki Detikcom. Oleh sebab itu penelitian ini ingin melihat bagaimana konstruksi sosial teknologi pada video tersebut yang dilihat dari segi produsen dan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Untuk mampu menjawab pertanyaan penelitian, digunakan metode studi kasus dengan tipe studi kasus instrumental. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan Focus Group Dissuccion (FGD). Pisau analisis yang digunakan adalah teori Social Consturction of Technology (SCOT). Hasil penelitian menemukan bahwa adanya interpretasi yang berbeda antara produsen dan konsumen yang melahirkan beberapa kelompok sosial relevan. Selain itu, bagi 20DETIK video dengan konsep baru ini digunakan untuk video yang terbit harian berupa hasil liputan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: 20DETIK, Facebook, Social Construction of Technology, Studi Kasus, Video Jurnalistik
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:22
Last Modified: 27 Feb 2019 08:22
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item View Item