UMN Knowledge Center

pengaruh kualitas auditor, kondisi keuangan, kepemilikan perusahaan, disclosure, pertumbuhan perusahaan, dan debt default terhadap penerimaan opini audit going concern

Hinarno, Elia (2016) pengaruh kualitas auditor, kondisi keuangan, kepemilikan perusahaan, disclosure, pertumbuhan perusahaan, dan debt default terhadap penerimaan opini audit going concern. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELIA HINARNO - 12130210077.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kualitas auditor, kondisi keuangan, kepemilikan perusahaan, disclosure, pertumbuhan perusahaan, dan debt default terhadap penerimaan opini audit going concern. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011 – 2014. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 8 perusahaan manufaktur. Kriteria yang diambil diantaranya perusahaan yang menerbitkan Annual Report beserta laporan keuangan yang telah diaudit oleh auditor eksternal pada tahun 2011 – 2014, periode laporan keuangan dimulai 1 Januari dan berakhir pada 31 Desember, menggunakan mata uang rupiah, dan mengalami laba negatif sekurang-kurangnya 2 periode laporan keuangan secara berturut-turut. Penelitian ini menggunakan regresi logistik untuk menguji hipotesis, karena variabel dependen penelitian ini diukur dengan menggunakan skala nominal. Pada pengujian signifikasi simultan dapat dilihat bahwa kualitas auditor, kondisi keuangan, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, disclosure, pertumbuhan perusahaan, dan debt default memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemberian opini audit going concern. Sedangkan menurut uji T, secara parsial, dapat dilihat bahwa variabel independen kualitas auditor, kondisi keuangan, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, disclosure, pertumbuhan perusahaan, dan debt default tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam pemberian opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 22 May 2017 11:02
Last Modified: 22 May 2017 11:04
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item